Memahami SEO untuk Pemula

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk mengeoptimalisasi halaman situs dengan prosedur-prosedur standar yang sesuai dengan perilaku dan karakteristik mesin pencari, sehingga halaman web memiliki peluang besar untuk tampil di halaman pertama SERP (Search Engine Result  Page).

Tujuan utama SEO adalah meningkatkan interaksi pengunjung terhadap blog yang mereka cari/temukan hasil pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan search engine lainnya. Ketika hasil pencarian mesin pencari menempatkan blog yang kita miliki di halaman awal atau 10 besar pertama, maka blog tersebut akan mempunyai peluang besar untuk dikunjungi.
http://mugee31.blogspot.com

Peran SEO penting tidak sih?

Peranan SEO itu sangatlah penting, blog dengan teknik SEO atau lebih dikenal dengan blog SEO friendly bias diibaratkan dengan blog yang sudah diberi tanda tanda yang mudah dikenal oleh mesin pencari sedangkan bedanya dengan blog yang tidak dilengakapi oleh akan sulit sekali dikenal oleh mesin pencari.
Ibarat mencari koin di laut lepas, haha.

Teknik SEO

Ketika anda sudah memahami SEO, selanjutnya bagaimana caranya untuk memulai melakukan SEO pada blog. Perlu diketahui SEO itu ada dua yaitu SEO on page dan SEO off page. Pahami dengan baik.

SEO on page

Yaitu membenahi halaman situs supaya agar sesuai dengan halaman situs ini sendiri. Kira kira hal apa saja yang harus dibenahi pada halaman situs supaya disenangi oleh mesin pencari. Ketika kita sedang melakukan SEO onpa page, kita harus memperhatikan 2 aspek secara bersamaan yaitu seo dari sisi mesin pencari dan seo dari pengunjung kita karena sudah jelas tujuan kita melakukan seo adalah menarik pengunjung dan juga membuat blog ada di halaman awal mesin pencari. Menyajikan artikel dengan bahasa yang ringan dan mudah di pahami sehingga membuat pengunjung di blog anda dan ingin membookmark dan kembali lagi ke blog anda.

SEO off page

Adalah sebuah proses optimasi yang dilakukan, SEO off page berfokus pada promosi blog dan backlink (link lain yang mengarah ke situs kita) harus diingat bahwa trafik pengunjung dari blog kita bukan hanya dari mesin pencari tapi juga dari blog, situs, social media atau forum lain. Untuk hal ini setiap blogger pasti punya cara tersendiri untuk melakukannya. Yang perlu di pahami dari SEO off page adalah harus dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Karna mendapatkan promosi dan backlink bukan lah sesuatu yang mudah. Disinilah di uji kesungguhan kita dalam membangun blog bukan seperti seo onpage yang mudah dikuasai. Ini menjadi tantangan sendiri bagaimana kita harus lebih kreatif dalam promosi blog dan medapatkan backlink.


Demikianlah artikel Memahami Seo untuk pemula semoga bias membantu. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »